PT MULTI UTAMA CONSULTINDO - Surabaya Office


Mudah dan Praktis: Pembuatan NPWP dan Pembayaran SPT Tahunan Lewat GoJek


artikel

 

konsultanpajaksurabaya.com. Pertemuan CEO Gojek, Nadiem dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 7 November 2017 yang lalu tidak hanya mendisukisan financial technology (Fintech) di Indonesia tetapi juga membuahkan rencana yaitu Gojek sebagai agen pajak. Langkah tersebut bisa dicapai melalui pemberian Application Service Provider (ASP) di sektor pajak. Untuk mewujudkan rencana tersebut Gojek bekerja sama dengan Ditjen Pajak untuk mengembangkan layanan e-filing, e-billing, dan registrasi NPWP elektronik.

 

Seperti yang dikutip dari DetikFinance (8/11/17) Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak, Iwan Guniardi menyambut baik rencana tersebut. Bagaimana tidak? Gojek sebagai agen pajak akan sangat memudahkan para wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya, baik dari pembuatan NPWP sampai pembayaran SPT Tahunan. Mengenai masalah keamanan dan kerahasiaan, wajib pajak tidak perlu takut.karena penilaian sistem keamanan akan dilakukan terlebih dahulu.

 

 “Tentu saja fasilitas ini harus dibarengi dengan pelatihan Gojek kepada driver nya  untuk pelaporan SPT langsung dari DJP. Dengan pelatihan tersebut diharapkan para driver Gojek akan mengerti mekanisme pelaporan pajak. Sehingga jika nanti ada syarat-syarat yang kurang dari customer maka pihak Gojek bisa mengingatkan, atau jika ada pertanyaan maka driver juga bisa membantu menjelaskan” ujar Otto Budihardjo, salah satu konsultan pajak di Surabaya, ketika ditanya pendapat tentang hal yang harus dipersiapkan Gojek menjadi agen pajak.

 

Jika Gojek berhasil mewujudkan rencananya tersebut, maka Gojek akan menjadi fasiliator ke 5 Ditjen Pajak di Indonesia, 4 fasilitator pendahulu adalah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, www.pajakku.com, www.online-pajak.com, dan www.spt.co.id.

Otto Budirahardjo juga menambahkan “Jika Gojek sebagai agen pajak nanti sudah terwujud, hal tersebut akan sangat membantu efektivitas dan sangat bermanfaat sekali bagi WP perorangan apalagi perusahaan kecil, karena daripada merekrut outsourcing khusus untuk mengurus pajak perusahaan kecil bias memanfaat fasilitas gojek ini.

Publication Publication Publication