News / 07 Feb 2024 /Risandy Meda Nurjanah

Layanan Lupa EFIN untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan Diperluas

Layanan Lupa EFIN untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan Diperluas
SURABAYA - Dalam rangka meningkatkan layanan lupa EFIN kepada Wajib Pajak, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memperluas kanal layanan lupa EFIN. Hal ini disampaikan dalam Pengumuman Nomor PENG-3/PJ.092024 yang ditandatangani oleh Dwi Astuti selaku Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat pada tanggal 5 Februari 2024.

EFIN sendiri merupakan singkatan dari Electronic Filing Identification Number, yaitu nomor kode penting untuk layanan daring melalui website pajak.go.id. Wajib Pajak dapat menggunakan EFIN untuk mengakses seluruh layanan perpajakan.


Baca juga: Taxpayer Portal Ungkap Detail Profil WP dengan Lebih Komprehensif


Beberapa hal yang disampaikan dalam pengumuman tersebut antara lain berupa pengalihan layanan lupa EFIN melalui kanal twitter atau X serta perluasan kanal lupa EFIN untuk Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan. DJP juga menjelaskan tata cara layanan Lupa EFIN bagi Wajib Pajak Orang Pribadi melalui kanal email dalam lampiran pengumuman tersebut.

Dengan dikeluarkannya pengumuman tersebut, mulai tanggal 5 Februari 2023 layanan lupa EFIN melalui twitter atau X @kring_pajak dialihkan ke kanal email lupa.efin@pajak.go.id. Selain melalui pesan email, Wajib Pajak Orang Pribadi juga dapat mengajukan permohonan lupa EFIN melalui kanal berikut:

  • Telepon di nomor 1500200;
  • Live chat di laman http://pajak.go.id;
  • Aplikasi M-Pajak; atau
  • Datang secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak/Kantor Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KPP/KP2KP) terdekat.

Baca juga: Baru! DJP Akan Tambahkan Fitur Buku Besar Wajib Pajak


Adapun untuk Wajib Pajak Badan, akses layanan lupa EFIN dapat dilakukan melalui 3 (tiga) kanal, yaitu telepon di nomor 1500200, live chat di laman http://pajak.go.id, atau datang secara langsung ke KPP/KP2KP terdekat. Kanal telepon dan live chat dapat diakses pada hari kerja pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan untuk kunjungan secara langsung ke KPP/KP2KP terdekat dapat dilakukan pada hari kerja pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat.

Untuk diketahui, layanan lupa EFIN merupakan salah satu layanan yang sangat bermanfaat mengingat setiap Wajib Pajak hanya memiliki satu EFIN dan EFIN berlaku seumur hidup. Untuk itu, Dwi Astuti juga mengimbau kepada Wajib Pajak untuk dapat menyampaikan kabar perluasan kanal lupa EFIN. “Pengumuman ini hendaknya dapat disebarluaskan,” ungkapnya.



efin , kring-pajak , lupa-efin , website-direktorat-jenderal-pajak

Tulis Komentar



MUC Consulting
Kantor Surabaya
  • Gedung Graha Pena Lt 15
  • Jalan Ahmad Yani 88 Surabaya
  • Email : sby@mucglobal.com
  • Telepon : +6231-8284256 / +6231-8202180

Pengakuan Global
Global Recognition | Word Tax Global Recognition | Word TP
Media Sosial
© 2023 All Rights Reserved


Whatsapp