Keuntungan Membayar Pajak Tepat Waktu

Segala sesuatu yang menyangkut pajak telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang sah. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan memuat sebanyak 50 pasal yang membahas lengkap segala hal terkait pajak. Undang-undang yang disahkan pada 31 Desember 1983 ini menjadi landasan utama yang digunakan dalam bidang perpajakan. UU tersebut juga membahas tentang batas waktu pelaporan dan pembayaran pajak. Pelanggaran atau kesalahan yang dilakukan dalam pembayaran pajak akan menimbulkan kerugian sendiri bagi wajib pajak.

Berbagai alasan akan dikemukakan oleh wajib pajak yang terlambat melaporkan dan membayar pajak. Tapi peraturan yang jelas tentang akibat terlambat membayar denda sudah sering disosialisasikan dan diingatkan oleh berbagai pihak. Lantas, apa keuntungan jika anda taat dalam membayar pajak dan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan? Berikut beberapa keuntungan taat membayar pajak secara tepat waktu yang dapat anda peroleh.

Menghindari Denda

Denda diberikan kepada wajib pajak yang terlambat membayar pajak atau melebihi batas waktu yang ditentukan. Denda yang dikenakan karena terlambat membayar pajak termasuk tinggi. Denda tersebut berkisar antara 5 persen hingga 20 persen. Semakin banyak jumlah pajak yang dibayarkan, maka denda yang dikenakan jumlahnya juga semakin besar. Jika dijumlahkan biaya untuk denda akan menjadi sebuah kerugian bagi anda.

Fasilitas Kesehatan Meningkat

Pajak yang anda bayarkan juga mempengaruhi pelayanan fasilitas kesehatan. Dana yang didapatkan dari pajak dialokasikan untuk perbaikan fasilitas kesehatan di Indonesia. Selain untuk membantu orang yang kurang mampu, pajak juga digunakan untuk peningkatan kualitas dan pelayanan rumah sakit. Anda tentu ingin pelayanan yang baik saat keluarga sedang membutuhkan pengobatan di rumah sakit.

Fasilitas Umum dan Transportasi Berkembang

Pendapatan dari pajak digunakan pemerintah untuk membangun fasilitas-fasilitas umum dan trasnsportasi yang mempermudah kehidupan masyarakat. Terlebih pada zaman sekarang, mobilitas masyarakat cukup tinggi. Dengan berkembangnya transportasi dan fasilitas umum dapat mempersingkat waktu dan membawa kenyamanan bagi anda. Perkembangan ini juga dapat memberikan kenyamanan saat berada di tempat-tempat umum semisal bandara, stasiun, pelabuhan, terminal hingga rumah sakit dan pusat pelayanan pemerintahan,.

Keamanan dan Ketertiban

Pajak yang dibayarkan juga dialokasikan untuk kepentingan keamanan dan ketertiban negara. Negara yang damai dan tertib akan menghasilkan siklus ekonomi yang baik. Siklus ekonomi yang baik akan mempengaruhi harga-harga barang di pasaran. Baik itu bahan pokok ataupun bukan. Meningkatnya keamanan negara juga mencegah munculnya perang saudara atau kelompok pemberontak. Keamanaan anda sebagai warga negara Indonesia juga terjamin dan dilindungi. Selain itu, pertahanan nasional negara akan sanggup mengatasi serangan dari dunia luar. Anda pasti tidak akan merasa nyaman dan terancam jika tinggal di lokasi yang sedang mengalami konflik.

Keuntungan membayar pajak tepat waktu memang tidak dapat dirasakan dalam waktu sebentar. Namun sebagai warga negara yang baik, anda tentu bangga ikut andil dalam pembangunan negara lewat membayar pajak. Karena kepedulian anda membayar pajak dapat membawa dampak besar bagi kemakmuran masyarakat Indonesia ke depannya.

Leave a Comment