Keuntungan Menggunakan Konsultan Pajak Bagi Pengusaha

Pajak adalah sesuatu yang wajib bagi setiap warga negara yang berada di Indonesia. Peraturan tentang perpajakan sangat beragam dan rumit untuk dipahami kebanyakan orang. Kesalahan seringkali terjadi karena wajib pajak salah mengartikan peraturan perundang-undangan tentang pajak. Sebagai jalan keluar dari masalah ini, anda dapat meminta bantuan kepada pihak ketiga yaitu konsultan pajak. Pemerintah telah mengatur keberadaan konsultan pajak dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.03/2014 tentang Konsultan Pajak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.03/2014, konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perudang-undangan perpajakan.

Peraturan yang berlaku di Indonesia, setiap wajib pajak mempunyai kewenangan dalam mengurus segala hal tentang pajak. Kewenangan dalam hal ini termasuk meminta bantuan dari konsultan pajak. Wajib pajak berhak memberikan kuasanya kepada konsultan pajak untuk mengurusi segala hal terkait perpajakan. Wajib pajak yang ditangani konsultan pajak dapat berupa perseorangan maupun badan. Bagi anda yang memiliki perusahaan keberadaan konsultan pajak akan banyak membantu. Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh pengusaha saat menggunakan konsultan pajak.

Tidak Mengurus Sendiri
Beberapa orang berpendapat melaporkan dan membayar pajak dapat dilakukan sendiri. Namun mengurus pajak sendiri beresiko mengalami kesalahan atau kurang bayar. Belum lagi, peraturan perihal pajak yang sangat dinamis dan sering mengalami perubahan seperti penerapan amnesti pajak,omnibus law hingga berbagai insentif pajak. Dengan menggunakan konsultan pajak, anda tak perlu khawatir memikirkan administrasi tentang pajak perusahaan.

Meminimalisir Kesalahan
Konsulan pajak profesional akan memastikan perusahaan tidak lebih bayar pajak. Kesalahan dalam pelaporan pajak juga bisa dihindari jika perusahaan memiliki konsultan pajak. Meskipun terjadi kesalahan, konsultan pajak yang akan mendampingi menangani sengketa tersebut hingga selesai. Menggunakan konsultan pajak tidak akan menyita waktu dan pikiran pimpinan perusahaan karena masalah akan diselesaikan secara cepat dan tepat.

Memperoleh Pendampingan
Suatu saat, jika perusahaan anda mendapatkan panggilan atau pemeriksaan pajak, konsultan pajak anda dapat memberikan pendampingan. Pendampingan dapat membebaskan atau memperkecil kerugian yang dialami perusahaan anda. Pemeriksaan seringkali terjadi karena adanya perbedaan penghitungan antara perusahaan dan Dirjen pajak. Konsultan pajak juga akan mendampingi anda hingga sidang di pengadilan jika terdapat sengketa pajak.

Mendapat Informasi Terbaru
Berbagai kemungkinan dapat terjadi seiring diamandemennya Undang-Undang terkait perpajakan. Terkadang satu perturan perundang-undangan yang dikeluarkan akan saling terhubung dengan Undang-Undang lainnya. Peraturan dan Undang-Undang yang baru dapat lebih menguntungkan bagi perusahaan anda dibandingkan Undang-Undang yang lama. Menggunakan konsultan pajak akan membantu anda mengupdate segala informasi baru yang dikeluarkan Direktorat Jendral Pajak. Baik itu kebijakan, peraturan atau Undang-Undang yang baru. Anda tak perlu repot mempelajari Undang-Undang baru yang tentunya menguras tenaga dan waktu anda.

Anda tak perlu khawatir menggunakan konsultan pajak untuk mengurus masalah perpajakan. Sebab keberadaan konsultan pajak di Indonesia telah diakui oleh pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.03/2014 tentang Konsultan Pajak. Peraturan yang ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 9 Juni 2014 ini memuat 32 pasal yang membahas segala hal tentang konsultan pajak. Setelah anda memutuskan menggunakan konsultan pajak, anda perlu memperhatikan cara memilih konsultan pajak dengan baik.

Leave a Comment